Tempurung Kura-Kura Ini Berusia Ratusan Juta Tahun


Tempurung Kura-Kura Ini Berusia Ratusan Juta Tahun - Fosil tempurung beserta dengan tulang kaki kura-kura ditemukan di wilayah bagian barat laut Krakow, Polandia. Fosil yang ditemukan tertimbun dalam tanah liat itu diduga berusia sekira 215 juta tahun lalu.



Kini, fosil tempurung beserta tulang kaki kura-kura itu diteliti di Institute of Paleobiology, Polish Academy of Sciences di Warsawa. Melalui kondisi tempurung tersebut, peneliti mengatakan bahwa semasa hidup kura-kura ini pernah bertempur dengan spesies kura-kura lain dan menunjukkan bukti terkait aktivitas perkelahian di antara hewan purba paling tua di dunia.

Para peneliti juga mengatakan bahwa mereka bisa mengungkap petunjuk berharga dalam memecahkan teka-teki asal usul reptil purba ini. "Fosil kura-kura di era Triassic akhir adalah sangat langka. Mereka kemungkinan dapat ditemukan di delapan wilayah di bumi, salah satunya di Polandia," ujar peneliti dari Polish Academy of Sciences (PAN), Tomasz Sulej, seperti dikutip Phys, Kamis (25/10/2012).

Dugaan Tomasz tampaknya terbukti, sebab ia telah menyangka sejak September 2008, ada kemungkinan ditemukannya fosil di sekitar tempat penimbunan limbah dekat kota Poreba bagian selatan. Rasa gembira menghampirinya setelah 15 menit ia menggali dan menemukan fosil kura-kura, yang kini dikonfirmasi menjadi fosil kura-kura paling tua di dunia.

Temuan ini pun kemudian dilaporkan dalam Journal of Vertebrate Paleontology dan National Geographic Polska. "Menemukan sesuatu yang berada di lumpur selama 215 juta tahun, rasanya seperti membawa (kura-kura) itu kembali ke kehidupan," ungkap Tomasz .

Selain fosil tempurung kura-kura yang ditemukan oleh Tomasz, terdapat juga fosil kura-kura yang pernah ditemukan di Jerman. Usia fosil ini kabarnya juga berusia ratusan juta tahun lalu dan ditemukan dengan bagian tempurung, leher serta ekor tulang belakang.

Courtesy Of Okezone

Ditulis Oleh : Blog Lumajang Hari: Jumat, Oktober 26, 2012 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar