Tumbal Pertama, Hingga Isu Angkernya Tol CIPALI


Blog Lumajang - Baru dibuka untuk umum pada Sabtu (13/6), jalan tol Cikopo-Palimanan atau Cipali sudah memakan korban. Adalah sebuah mobil type Toyota Avanza warna hitam nomor polisi B 1246 UZM arah Cikampek mengalami kecelakaan tunggal pada kilometer 82.

Tak hanya terjadi pada mobil Avanza, 2 truk juga terlibat insiden kecelakaan yang mengakibatkan satu orang tewas. Atas insiden tersebut Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Irjen Pol Condro Kirono pun meminta agar semua pengemudi berhati-hati dalam menjaga jarak kendaraan.

"Dari awal saya sudah imbau pengguna, Tol Cipali memang jalannya halus, relatif datar, yang perlu diwaspadai ngantuk dan jaga jarak kendaraan," terangnya Condro di gedung Korlantas, Jl MT Haryono, Jaksel, Selasa (16/6) seperti yang diberitakan detik.com.

"Penerangan kalau lokasinya tidak ada listrik kan dilengkapi dengan marka jalan dan mata kucing. Itu yang harus sangat diperhatikan. Prinsipnya jaga jarak aman," tambahnya.

Walau tak berdasar, kecelakaan-kecelakaan tersebut langsung dikaitkan dengan isu mistis atau angker di area tersebut. Tak bedanya seperti tol Cipularang yang dikatakan angker antar rentang km 60 hingga 100. Pada area itu sering terjadi kecelakaan yang memakan korban, salah satunya adalah istri pedangdut Saiful Jamil, Virginia Anggraini.

Jalan tol sepanjang 116,75 kilometer ini merupakan bagian dari jaringan Jalan tol Trans Jawa dan akan menghubungkan Jalan Tol Jakarta - Cikampek dan Jalan Tol Palimanan – Kanci.

Demi mengurai kemacetan menjelang arus mudik Lebaran, jalan tol ini diproyeksikan juga untuk mengurangi beban jalan Pantai Utara (Pantura) yang selama ini menjadi salah satu pusat rute mudik paling padat.

Namun Ridwan Bae selaku anggota Komisi V DPR merespon kecelakaan ini merupakan sebuah proses dari sebuah pembangunan sarana umum. Hal-hal yang tak diinginkan pun menurutnya pasti terjadi.

"Kita percaya pembangunan tidak sertamerta terjadi, ada prosesnya. Marilah Kita terima apa yang ada, dan kita berharap segala kekurangan segera diatasi, kalau bisa dilakukan sekarang sebelum lebaran paling bagus. Tapi Kalau tidak bisa tentu ada cara lain, bagaimana meminalimisr kecelakan. Jangan lupa jalan tol adalah jalan cepat, kalau tidak lengkap bukan mempercepat tapi jadi melahirkan kecelakaaan," kata Ridwan kepada suara.com.

Refrensi : https://www.lintas.me/news/other/editor/tumbal-pertama-hingga-isu-angker-di-tol-cipali

Ditulis Oleh : Blog Lumajang Hari: Rabu, Juni 17, 2015 Kategori:

1 komentar:

  1. wah baru tahu nih,,, dah ada korban di Tol Cipali..

    BalasHapus